Categories
Uncategorized

Tips Memilih Catering Pernikahan di Tangerang

Butuh tips memilih catering pernikahan untuk pesta pernikahan Anda? Berikut adalah pedoman untuk memilih supplier catering pernikahan supaya sesuai dengan kemampuan finansial dan keinginan Anda.

Mengapa Harus Menggunakan Jasa Catering

Jika Anda mempunyai sumber daya untuk memasak sendiri, memasak sendiri catering pernikahan merupakan pilihan terbaik, murah dan akan sesuai dengan selera Anda. Jangan takut dengan masalah urusan peralatan makan (chaffing dish, piring, sendok-garpu, dlsb). Anda bisa menyewanya. Banyak pilihan tempat sewa peralatan pesat di google. Anda pun bisa minta Wedding Organizer atau rias pengantin untuk membantu merekomendasikan tempat sewa peralatan makan.

Namun, jika Anda tidak mempunyai sumber daya yang memadai, memasak sendiri untuk pesta pernikahan justru akan menimbulkan masalah baru. Anda akan kehilangan banyak dana dan tenaga.

tips memilih catering pernikahan
catering pernikahan tangerang

Sebagai gambaran umum untuk catering 500 porsi, Anda harus memasak 50 liter nasi, 600-700 potong ayam, 25 kg daging, dsb. Memasak 1-2 kg daging untuk rendang bisa dilakukan oleh banyak orang. Tetapi memasak 25kg daging untuk rendang, diperlukan pengalaman yang matang. Kalau tidak mempunyai cukup pengalaman, dikhawatirkan rendang daging tidak tahan lama. Rendang adalah masakan yang sangat berisiko (kalau tidak bisa memasaknya) namun juga lauk yang paling awet (jika bisa memasaknya)

Management Penyajian Catering

Memasak dalam jumlah banyak, bukan cuma urusan kemampuan memasak, namun juga managemen memasak, perlengkapan memasak sampai menghidangkan makanan ke meja prasmanan.

Berikut adalah urutan waktu persiapan penyajian catering pernikahan

  • misal pesta pernikahan dimulai jam 11. Artinya makanan harus sudah tersaji rapih di meja prasmanan pada jam 10 atau paling lambat jam 10.30
  • Agar Anda mempunyai cukup waktu (minimal 2 jam) untuk menata makanan di meja prasmanan, makanan harus tiba di lokasi pesta jam 8.00 sampai 8.30
  • Jika perjalanan dari dapur catering ke tempat pesta memerlukan waktu 2 jam, artinya masakan sudah harus berangkat jam 6.00 pagi
  • Kalau jam 6 pagi sudah harus berangkat, artinya masakan sudah siap dimasak jam 5.30.
  • Jika pesta pernikahan selesai jam 15.00, artinya masakan harus tahan selama minimal 10 jam (jam 5 pagi selesai dimasak, jam 15.00 selesai pesta atau 10 jam)
  • Mampukah Anda membuat masakan yang tahan minimal 11 jam? Beri minimal 1 jam untuk spare.
tips memilih catering pernikahan

Waitress dan Tenaga Kebersihan

Jika Anda berkunjung ke pesta pernikahan di rumah, (maaf) di gedung pertemuan tingkat RW atau kelurahan pada sore hari atau bahkan malam hari, perhatikan tempat pesta. Pada umumnya, lokasi pesta pernikahan jorok atau sangat jorok. Hal ini, biasanya, karena tuan rumah atau panitia tidak memperhatikan kebersihan tempat pesta dalam perencanaannya.

Biasanya catering yang digunakan adalah catering yang murah, yang memang tidak memasukkan faktor kebersihan lingkungan pada perhitungan harga (ingat pameo “ada harga, ada barang”).Tuan rumah memasak sendiri menggunakan tukang masak yang dikenal. Biasanya, untuk urusan kebersihan dan penyajian makanan, tuan rumah mengandalkan tenaga kerja sekitar rumah, saudaranya atau tetangganya. Bisa ditebak hasilnya: amburadul. Anda tidak bisa berharap tenaga kerja yang tidak berpengalaman bekerja seperti layaknya waitress profesional.

Mengandalkan tetangga atau saudara untuk mengurusi catering – pada kenyataannya (sorry to say) sedikit sekali manfaatnya. untuk membantu. Anda tentunya tidak bisa menyuruh mereka untuk membersihkan meja yang kotor, ruangan pesta yang juga kotor, dsb. Kalau pun Anda membayarnya, tegakah Anda menyuruh mereka mengerjakan hal-hal, yang mungkin bagi sebagian orang – tidak bergengsi?

Jumlah Tenaga Kerja Untuk Melayani Catering Pernikahan

Coba Anda perhatikan pesta pernikahan di hotel atau function hall yang memadai. Kebersihan tempat pesta sangat terjaga. Alur acara juga sangat rapih. Silahkan dihitung jumlah karyawan yang melayani pesta. Sangat banyak. Bahkan, untuk satu gubugan pun (misal bakso), dilayani oleh 2 orang. Anda bisa hitung berapa biaya tenaga kerja untuk memperoleh kualitas pelayanan catering yang prima.

tips memilih catering pernikahan
tips memilih catering pernikahan

Terlihat di photo atas terdapat 10 waitress (1 orang tidak terlihat) + 1 orang kepala waitress (captain). Sebagai pedoman kasar, jumlah tenaga kerja untiuk melayani catering di lokasi pesta adalah jumlah order dibagi 100 + 1 orang captain +/- 2 orang (untuk cadangan). Untuk order 1500 porsi, dibutuhkan 13-15 orang karyawan plus satu orang penanggung jawab agar pelayanan catering berjalan dengan baik.

Pada suatu pelayanan catering yang tertata rapi, biaya tenaga kerja (juru masak, waitress, biaya setting meja, dll.) sekitar 25-30% dari total biaya.

Oleh karena itu, jika Anda tidak mempunyai sumber daya yang memadai – lebih baik Anda menggunakan jasa perusahaan catering pernikahan.

Skema Ponzi Pada Bisnis Catering

Akhir-akhir ini sering terdengar kabar Wedding Organizer (atau juga jasa catering pernikahan) yang abal-abal. Biasanya, harga yang ditawarkan WO yang nggak jelas ini sangat murah – bahkan nyaris tidak rasional.

Para penyedia catering super murah menerapkan skema Ponzi dalam menjalankan bisnisnya. Mereka memang dengan sengaja menjual rugi jasa yang ditawarkan. Untuk menutupi kerugiannya, dia mengambil “jatah” keuangan dari customer berikutnya. Untuk customer awal (nomer 1,2,4 mungkin sampai 5), cara ini berjalan baik. Customer awal memang benar-benar menikmati catering pernikahan dengan harga super murah. Photo dan video pelayanan catering pernikahan awal, oleh penyedia jasa yang tidak bertanggung-jawab ini, dijadikan bukti untuk menarik customer berikutnya. Demikian seterusnya.

Tentu saja bisnis seperti ini tidak sehat dan sangat berbahaya. Pada suatu ketika, saat dana customer yang belum terlayani tidak mampu menopang sistem jual-rugi ini, bisnis akan runtuh. Customer akhir akan rugi besar dan dipermalukan. Customer awal menikmati catering yang sangat murah di atas tangisan customer akhir.

Salah satu kasus besar bisnis skema Ponzi pada awal tahun 2020 adalah Memiles. Silahkan klik tautan yang kami sertakan untuk menyegarkan ingatan Anda.

Tips Memilih Catering Pernikahan

Agar Anda tidak terjebak pada aksi penipuan penyedia catering atau pelayanan catering yang buruk, berikut adalah beberapa tips untuk memilih catering pernikahan yang baik.

1. Jangan memilih catering pernikahan berdasarkan harga saja

Pepatah bijak sejak jaman dahulu mengatakan “ada harga, ada rupa“. Jangan pernah terkecoh dengan berbagai iklan catering murah mulai dari harga Rp…….. (harga yang paling murah) sedangkan yang ganbar ditampilkan di website adalah harga pilihan yang paling mahal atau bahkan diambil dari hotel kelas atas.

Sebagai pedoman kasar, harga sepiring pecel lele Rp.15rb-17ribu, tanpa minum teh dan dimakan di warung. Isinya hanya 1 porsi nasi (tidak boleh nambah), lele goreng, sambal ditambah sedikit lalapan (juga tidak boleh tambah). Jika ingin menambah nasi maka harus bayar tambahan nasi – artinya sistem makan bukan prasmanan. Warung tidak membutuhkan waitress yang terlatih, peralatan saji makanan yang bagus atau bahkan mewah, meja prasmanan yang dihias, bunga-bunga, dsb. Jika vendor catering menawarkan Rp.25ribu-35ribu per porsi prasmanan dengan lauk nasi, sayur, ayam, ikan, sup dan bahkan daging – dimakan secara prasmanan – apakah harga itu masuk akal?

tips memilih catering pernikahan
catering pernikahan tangerang

Penyedia catering – bagaimana pun juga adalah seorang pebisnis. Supaya bisnis cateringnya bisa jalan dan berkembang, pengusaha harus untung (secara wajar). Pengusaha perlu membayar karyawannya, memperbaharui peralatannya, modalnya harus bertambah supaya usaha catering pernikahannya makin berkembang, dsb. Untuk menjamin kesetiaan tenaga kerjanya, pengusahan tentu akan membayar tenaga kerja – (waitress dan tukang masak) – minimal mendekati UMR untuk satu proyek (yang biasanya memerlukan waktu 8-10 jam kerja). Pengusaha juga harus menyiapkan biaya operasional lainnya. Untuk semua keperluan itu, pengusaha butuh dana lebih disamping keuntungan untuk menggaji diri sendiri

Pelajari Fasilitas Dibalik Harga Yang Murah

Pernah di suatu ketika di tahun 2014 salah satu prospek kami beralih ke penyedia catering lainnya. Saat itu kompetitor kami menawarkan Rp.25rb per porsi sedangkan kami Rp.35rb per porsi. Usut punya usut, ternyata harga Rp.25ribu hanyalah harga makanan utama saja, tidak termasuk piring, peralatan saji makanan (chaffing dish), puding-snack, juga tanpa waitress dan tenaga kebersihan. Jika sohibul hajat menerapkan standard pelayanan yang sama seperti kami, biaya akhir tentu akan lebih besar dari Rp,35ribu – yaitu harga yang kami tawarkan.

2. Pilihlan 2-3 Calon Supplier Catering Pernikahan

Untuk memilih jasa catering pernikahan terbaik dan sesuai dengan budget Anda, mintalah saran dari teman atau saudara. Biasanya saran saudara atau teman merupakan pilihan terbaik. Namun, jika Anda tidak bisa memperoleh saran itu, tanyalah pada simbah Google.

Pertimbangan pertama untuk memilih 3 calon penyedia catering pernikahan adalah jarak antara dapur catering dan tempat pesta. Alasan jarak adalah untuk menghindari kemungkinan kemacetan lalu lintas. Pada kondisi lalu lintas normal, antara dapur catering dan tempat pesta bisa ditempuh dalam waktu maksimal 1 jam. Gunakan aplikasi google map atau waze untuk mengetahui jarak dan waktu tempuh.

Sebagai pedoman umum, jarak maksimal antara dapur dan tempat pesta adalah 25km.

Gunakan keyword yang mengandung kata “terdekat” untuk mencari 3 calon supplier catering pernikahan terdekat. Tetapi sebelumnya aktifkan feature location di smartphone Anda. Google akan menampilkani 3 pilihan catering berdasarkan jarak. Kami melakukan percobaan mencari supplier catering memakai kata kunci “catering pernikahan terdekat”. Hasilnya adalah :

Anda lihat katering kami menempati posisi teratas. Pemilihan 3 catering ini berdasar kriteria terbaik dan terdekat (menurut Google). Gunakan hasil pencarian google ini menjadi salah satu pertimbangan menentukan calon vendor catering untuk pesta pernikahan Anda.

catering pernikahan tangetang

Jika hasil pencarian di atas masih tidak memuaskan, gunakan kata kunci lainnya, misal “catering pernikahan di Pasar Kemis”, “catering pernikahan di daerah serpong” atau lainnya. Sebaiknya Anda meyertakan lokasi spesifik (minimal tingkat kecamatan atau nama perumahan) agar diperoleh jasa catering yang terdekat.

Untuk mempermudah proses pencarian, gunakan voice searching. Smart phone Android buatan 2018 dan sesudahnya biasanya sudah mempunyai kemampuan voice searching.

Jika Anda sudah menemukan 3 atau lebih kandidat supplier catering pernikahan, pelajari semua jejak digital (website, youtube, IG, Facebook, atau yang lainnya) untuk mengetahui sejarah pelayanan mereka. Pilihlah 3 kandidat yang terbaik

3. Mintalah Penawaran Harga

Langkah selanjutnya adalah mintalah penawaran harga dari tiga calon penyedia catering yang telah Anda pilih. Jangan lupa, tanyakan semua fasilitas yang akan diberikan pihak catering (apakah harga sudah termasuk puding dan snack, peralatan makan dan alat saji makanan, waitress dan tenaga kebersihan, dlsb). Tanyakanlah sedetail mungkin.

Diskusikan 3 pilihan catering ini dengan orang-tua, pasangan Anda atau siapapun yang dianggap mampu memberi pertimbangan. Secara mudah gunakan prinsip “terbaik-terdekat-termurah” secara berurutan – jangan dibolak-balik – untuk mendapatkan vendor catering pernikahan terbaik. Pilihlan satu catering yang terbaik.

catering pernikahan tangerang

Charge Catering di Gedung Pernikahan

Jika Anda melaksanakan pesta pernikahan di gedung dan Anda mengetahui gedung akan mengenakan charge catering, bicarakan hal ini dengan pihak catering. Tanyakan seberapa besar pihak catering mau ikut menanggung biaya ini? Jangan pernah menyembunyikan biaya ini ke catering.

Kami pernah mempunyai pengalaman sangat buruk. Client menyembunyikan biaya ini ke kami. Di lain pihak kami sudah memberi banyak bonus sehingga tidak ada lagi tersisa dana untuk membayar charge catering. Agar kami bisa tetap bisa membayar “charge tiba-tiba” ini, kami mengurangi 2-3 orang waitress dan tenaga kebersihan, tidak sebanding dengan charge catering yang harus kami bayar. Namun, pengurangan tenaga kerja sangat berdampak pada pelayanan catering. Bisa ditebak, jalannya pesta menjadi amburadul.

4. Lakukan Test Food

Setelah memilih satu catering terbaik, mintalah test food dari catering ini, Jikalau memungkinkan, mintalah agar test food dilakukan di tempat pesta agar, selain Anda bisa merasakan rasa masakan, Anda juga bisa melihat jalannya pelayanan catering.

JIka tidak bisa melakukan test food di tempat pesta, lakukan test food di dapur catering. Anda langsung bisa berdiskusi dengan catering tentang koreksi rasa makanan agar sesuai dengan selera Anda atau pun pertanyaan lainya.

Jika hal ini pun tidak mungkin, mintalah pihak catering untuk mengirima sampel makanan sesuai dengan menu yang Anda minta. Apabila Anda harus membayar untuk test food ini, maka bayarlah. Lebih baik Anda membayar untuk mendapat test food, dari pada Anda langsung percaya akan kualitas masakan penyedia catering pernikahan ini.

Kami menerapkan kebijaksanaan ini: jika sampel diterima dan kami mendapat order, maka customer tidak perlu membayar sampel. Namun, jika sampel ditolak maka prospek harus membayar sampel makanan. Pertimbangan kami melakukan kebijaksanaan ini adalah karena kami yakin rasa masakan sudah enak, sesuai dengan harga yang kami tawarkan. Jangan bandingkan rasa masakan kami dengan masakan hotel berbintang yang harganya jauh lebih mahal. Artinya, jika masakan kami ditolak, pastilah ada pertimbangan lain yang menyebabkan kami tidak terpilih. Konsekwensinya adalah prospek diminta untuk membayar biaya sampel (biasanya hanya bahan baku dan ongkir).

5. Lakukan Kunjungan Dapur

Setelah Anda mengerjakan 4 tahap pemilihan catering pernikahan, tahap terakhir adalah lakukan kunjungan dapur. Jangan pernah mengabaikan langkah ini, kecuali Anda sudah yakin betul akan kualitas calon supplier catering pernikahan yang Anda pilih.

Saat melakukan kunjungan, usahakan untuk bertanya ke masyarakat sekitarnya apakah vendor yang Anda kunjungi benar-benar pelaku bisnis ini, bukan sekedar makelar/broker. Juga tanyakan seberapa sering dapur ini mengerjakan order catering jumlah besar, ataupun pertanyaan lainnya untuk mengetahui bonadifitas catering. Sebaiknya siapkan pertanyaan ke masyarakat sekitar dapur agar diperoleh informasi yang akurat.

Kembali diskusikan hasil kunjungan dapur – kelebihan dan kekurangannya – dengan keluarga. Jangan pernah berharap menemukan dapur catering yang sempurna. Anda tidak akan pernah menemukannya – bahkan catering hotel berbintang sekalipun. Jikalau Anda yakin dengan pilihan Anda – lengkap dengan plus-minus calon supplier catering pernikahan, maka berilah tanda jadi.

Contact Person

Jika Anda ingin mengatahui lebih lanjut tentang tips memilih catering pernikahan, terutama untuk daerah Tangerang, Tangerang Selatan dan kabupaten Tangerang, silahkan hubungi kami

Ibu Puji Sayekti
Vila Tangerang Elok Blok E1 no. 22, RT004/RW011
Jl. Rasamala 2, kel. Kutajaya, kec. Pasar Kemis
TANGERANG
Phone/WA 0852-1975-9001